Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Utang Bank

Pengertian Utang Bank

Pengertian Utang Bank untuk Memperkecil Pembayaran Pajak

Sumber dana sebuah perusahaan bisa berasal dari mana saja, termasuk dari utang bank (Bank Payable). Pengertian utang bank adalah sebuah bentuk hutang yang dilakukan oleh perusahaan atau seseorang (Bank Loan) yang diberikan pihak Bank dan diperoleh atas permohonan yang dilakukan oleh orang yang bersangkutan.

Dalam utang bank tersebut dapat dibagi menjadi dua macam, yakni jangka panjang dan juga jangka pendek. Dalam periode yang telah ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama yang telah dilakukan antara sang peminjam dan pihak bank, pihak peminjam utang bank berkewajiban membayarnya secara rutin bersama dengan bunganya tiap bulannya. Besarnya bunga yang diberikan oleh pihak bank kepada peminjam tergantung dari jangka waktu pengembalian utangnya.

Menurut pengertian utang bank tersebut, pihak peminjam harus melakukan permohonan terlebih dahulu untuk mendapatkan pinjaman dari bank yang bersangkutan. Dengan melampirkan beberapa dokumen yang terpercaya, seperti Nomor Pokok Wajib Pajak sebagai syarat disetujuinya pinjaman tentu harus disiapkan terlebih dahulu bagi siapa saja yang ingin meminjam modal pada sebuah bank.

Terkait susah diterimanya pengajuan kredit bank, dengan menggunakan NPWP sebagai berkas persyaratannya akan semakin mudah diterimanya sebuah permohonan pengajuan utang bank sebagai salah satu sumber dana perusahaan. Dengan teraturnya membayar pajak pada negara, pihak bank mampu menganalisa kemampuan dari sang peminjam. 

Terlebih lagi, dengan melakukan pencarian sumber dana yang berasal dari luar perusahaan, dapat dikatakan lebih efektif ketimbang pendanaan internal. Sebab, menurut pengertian utang bank yang mampu menimbulkan bunga bank yang harus dibayarkan dalam periode tertentu, akan mengakibatkan pembayaran pajak dari perusahaan tersebut mengecil dan dapat menjadi perlindungan bagi perusahaan itu sendiri.

Tidak sedikit perusahaan-perusahaan saat ini melakukan hal ini dengan cara memperbesar hutang mereka untuk menghindari pajak yang seharusnya mereka bayarkan kepada negara. Akan tetapi, resiko yang timbul dari bunga utang bank yang terlalu besar, bisa mengakibatkan kerugian yang besar, bahkan hingga kebangkrutan. Oleh sebab itu, sebelum melakukan kredit pada bank, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu resiko-resiko yang akan ditanggung nantinya. 

Post a Comment for "Pengertian Utang Bank"