Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Retained Earning

Pengertian Retained Earning

Informasi Mengenai Pengertian Retained Earning

Pengertian retained earning adalah laba yang tidak dibagi baik itu setengah atau seluruh laba yang didapatkan oleh perusahaan yang tidak diberi atau diberikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen.

Jumlah laba yang didapatkan dan tidak terbagi ini menjadi biaya tambahan untuk memperbesar modal perusahaan. Pembagian laba ini dapat diambil keputusan dengan mengadakan sebuah rapat yang disebut dengan rapat umum pemegang saham. Laba ini ditahan atau tidak dibagikan dibentuk dalam penyajian laporan neraca yang ada pada posisi pasiva.

Pengertian retained earning adalah laba yang tidak dibagi. Laba yang ditahan biasanya merupakan kumpulan laba dari tahun ke tahun dari sejak pertama kali perusahaan berdiri hingga sekarang dan sudah dikurangi dengan dividen yang sudah terbagi.

Laba ditahan ini biasanya terdapat pada perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas atau PT. Yang menjadi cara bagi seorang pemilik perusahaan mengetahui bagaimana kinerja yang dialami oleh perusahaannya dalam beberapa tahun terakhir dapat mengetahui bagaimana pertumbuhan dari laba yang ditahan atau retained earnings.

Biasanya laba ditahan ini akan digunakan oleh pihak perusahaan untuk keperluan investasi. Seperti contohnya membiayai proyek penelitian dan pengembangan yang dilakukan, pembelian keperluan perusahaan, dan apabila perusahaan memiliki hutan maka laba ditahan ini dapat digunakan untuk melunasi hutang tersebut. Atau laba ditahan ini juga dapat digunakan untuk membiayai ekspansi bisnis, seperti halnya memperluas jangkauan bisnis perusahaan yang sudah ada.

Pengertian retained earning adalah laba yang ditahan. Pada laba ditahan diperlakukan juga pajak. Laba yang ditahan merupakan bukan objek pajak penghasilan perusahaan dikarenakan sudah dikenakan pajak pada saat laba tahunan sedang berjalan.

Dapat dikatakan laba yang ditahan ini sebagai laba komersial yang sudah dikurangi pajak penghasilan. Laba ditahan ini juga dapat dikenakan pajak apabila laba ini dibagikan kepada pihak pemegang saham sebagai dividen dengan menggunakan persyaratan tertentu.

Apabila perusahaan membagikan dividen secara diam-diam kepada pemilik saham, maka akan dikenakan pajak penghasilan dan juga sanksi di dalam bidang perpajakan.

Post a Comment for "Pengertian Retained Earning"