Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Reconciliation

Pengertian Reconciliation

Pengertian Reconciliation

Pengertian reconciliation atau bank reconciliation adalah laporan yang dibuat tentang perbedaan saldo pencatatan perusahaan dengan laporan yang dibuat oleh bank. Laporan yang dibuat perusahaan harus disertai dengan keterangan-keterangan dari penyebab perbedaan-perbedaan itu.

Adanya perbedaan saldo yang dibuat oleh perusahaan dengan laporan saldo yang dibuat oleh bank disebabkan oleh beberapa hal seperti piutang perusahaan yang sudah ditagih oleh bank melalui rekening perusahaan, akan tetapi pihak tidak memberitahukan kepada pihak perusahaan, hal itu membuat perusahaan belum melakukan pembukuan persoalan tagihan melalui rekening perusahaan oleh pihak bank.

Pengertian reconciliation atau bank reconciliation adalah perbedaan atau penyesuaian terhadap catatan yang dibuat oleh bank dengan catatan yang dibuat oleh perusahaan. Perbedaan ini terjadi dikarenakan perusahaan mempunyai simpanan di bank dan pihak memberikan bunga.

Bunga yang diberikan oleh pihak bank ini ditambahkan melalui rekening perusahaan dan pihak bank belum memberitahukan kepada pihak perusahaan. Dengan adanya hal tersebut membuat pihak perusahaan belum memiliki catatan karena pihak bank belum memberitahukannya.

Perbedaan laporan atau catatan ini juga dapat terjadi karena bunga dari jasa simpanan perusahaan telah diberikan oleh pihak bank dan pihak bank akan memotong pajak penghasilan dari bunga yang diberikan oleh bank. Pajak penghasilan yang dipotong ini sudah dikurangi oleh pihak bank melalui rekening perusahaan akan tetapi pihak perusahaan belum diberitahukan soal persoalan ini.

Secara sederhana pengertian reconciliation adalah suatu proses penyesuaian dari perbedaan laporan kas menurut pihak perusahaan dengan pihak bank. Reconciliation ini perlu dilakukan untuk mengecek pencatatan yang dilakukan oleh pihak perusahaan yang belum tercatat dikarenakan pihak bank yang belum memberitahukan informasi mengenai kas perusahaan.

Jika perbedaan yang terjadi dikarenakan adanya transaksi perusahaan yang belum dicatat oleh pihak bank maka catatan yang dituliskan perusahaan benar. Akan tetapi jika sebaliknya maka perlu dilakukan penyamaan catatan perusahaan dengan catatan bank.

Tak hanya itu, tujuan dilakukannya reconciliation  adalah untuk melakukan pendeteksian terhadap kecurangan akuntansi, kecurangan akuntansi bisa berupa transaksi fiktif.

Post a Comment for "Pengertian Reconciliation"