Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Investment serta Kewajiban Bayar Pajak Investasi

Pengertian Investment

Pengertian Investment 

Pengertian investment merupakan suatu bentuk penanaman modal dalam bentuk aset yang dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan akan digunakan di masa mendatang. Investment dikenal juga sebagai investasi, yang mana memiliki jangka waktu pengembalian pendek, menengah, dan panjang.

Pada investasi yang jangka waktu pengembaliannya pendek, biasanya sudah bisa didapatkan hasilnya selama kurang dari satu tahun.

Contoh investasi jenis ini yaitu deposito, tabungan, reksa dana pada pasar uang, serta obligasi jangka pendek. Adapun pada investasi dengan jangka waktu pengembalian menengah rentang waktunya berkisar antara 1—5 tahun, seperti pada surat utang jangka menengah, ORI, reksa dana berjenis pendapatan tetap, promissory notes, dan sebagainya.

Lain halnya dengan pengertian investment yang memiliki jangka waktu pengembalian panjang dapat diketahui hasilnya setelah lebih dari lima tahun. Contoh investasi ini misalnya reksa dana saham, reksa dana campuran, saham, aktiva tetap (properti seperti tanah, rumah, atau bangunan), dan sebagainya.

Dalam dunia investasi ada yang dinamakan investment fund yaitu persediaan modal yang sebelumnya telah dikumpulkan sekelompok investor untuk pembelian sekuritas kolektif. Investment fund ini membuka pilihan peluang bagi investor untuk melakukan investasi secara lebih luas.

Melakukan investasi tidak luput dari kewajiban pembayaran pajak. Mempersiapkan serta merencanakan strategi pembayaran pajak termasuk hal penting dalam investasi.

Dengan perencanaan yang matang, pembayaran pajak bisa diminimalisasi selama tidak melanggar UU Perpajakan beserta regulasi terkait. Ada beberapa jenis investasi yang dikenakan pajak, misalnya investasi properti. Berdasarkan peraturan yang berlaku, investasi properti dapat dikenakan PPh senilai 2,5% dari nikai akta jual beli atau NJOP. 

Contoh investasi lain yang terkena pajak yaitu seperti investasi emas dan investasi valas. Ketika melakukan investasi emas, ada yang namanya pajak capital gain dimana berlaku pemotongan pajak pada laba hasil penjualan.

Sementara itu pengertian investment valas merupakan investasi berupa mata uang asing yang dapat dikenakan PPh. Ada juga pajak deposito, diskonto SBI, dan tabungan yang mengharuskan pembayaran sebesar 20% kepada otoritas pajak.

Dan masih banyak lagi jenis-jenis saham yang dikenakan pajak dengan besaran beda-beda sesuai ketentuan UU Perpajakan. Baik investor maupun penyedia saham perlu memahaminya sebelum terlibat dalam dunia investasi.

Post a Comment for "Pengertian Investment serta Kewajiban Bayar Pajak Investasi"