Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian FOB Shipping Point dalam Pajak

Pengertian FOB Shipping Point

Pengertian FOB Shipping Point

Perusahaan dalam menjalankan transaksi jual beli, baik dengan sesama perusahaan lain ataupun dengan konsumen pasti harus memenuhi persyaratan yang sebelumnya sudah disepakati antar kedua belah pihak.

Syarat yang dimaksud dapat berupa syarat pembayaran ataupun syarat penerimaan barang. Di sisi lain, syarat penyerahan barang pun masih dibagi lagi menjadi dua, yaitu free on board (fob) shipping on point dan free on board (fob) destination. Untuk kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang pengertian fob shipping point. 

Masyarakat secara umum mungkin tidak begitu memahami tentang apa itu fob shipping point. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fob shipping point ini merupakan salah satu dari syarat penyerahan barang.

Fob shipping point ini merupakan syarat penyerahan barang, yang mana ongkos kirim (dalam hal ini disebut sebagai biaya angkut barang) beserta tanggung jawab atas resiko terhadap barang dalam perjalanan ke gudang pembeli menjadi tanggung jawab pembeli. Ini dikarenakan barang tersebut sudah menjadi milik pembeli, meskipun masih dalam perjalanan. 

Dari penjelasan tentang pengertian fob shipping point tersebut, ketika barang yang dibeli sudah keluar dari gudang penjual, maka kedua pihak baik penjual dan pembeli sudah bisa mencatatnya dalam jurnal persediaan barang.

Apabila barang yang dikirim tersebut merupakan barang kena pajak, maka penjual atau pihak pengirim barang berkewajiban menerbitkan faktur pajak atas barang kena pajak tersebut tertanggal dimana barang diterima oleh penerima atau paling lambat bersamaan dengan penjual menerbitkan invoice atas barang tersebut. 

Pemahaman tentang kedua syarat penyerahan barang ini harus benar-benar dipahami oleh kedua belah pihak, baik sebagai penerima ataupun penjual. Dengan begitu maka ketika terjadi transaksi pengiriman tidak akan menimbulkan kesalahan diantara keduanya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan apa itu pengertian fob shipping point? Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa meskipun barang masih dalam perjalanan menuju gudang pembeli, namun barang yang sudah dibeli tersebut sudah menjadi tanggung jawab pembeli.

Dan meskipun belum diterima, ketika sudah masuk waktu tutup buku, barang yang masih dalam perjalanan tersebut tercatat sebagai barang persediaan. 

Post a Comment for "Pengertian FOB Shipping Point dalam Pajak"