Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Fixed Cost Lebih Dalam

Pengertian Fixed Cost

Pengertian Fixed Cost

Setiap perusahaan yang mana dalam beroperasi baik itu untuk menghasilkan barang maupun jasa, bisa dipastikan mengeluarkan biaya dengan jenis dan jumlah yang sangat beragam dalam proses produksi, pemasaran hingga perawatannya.

Biaya yang dikeluarkan ini ada yang sifatnya sudah tetap tidak akan berubah-ubah dan ada yang sifatnya tergantung pada variabel-variabel tertentu. Dalam pembahasan kali ini terutama akan dijelaskan tentang apa itu pengertian fixed cost yang ada berkaitan dengan pajak yang harus Anda ketahui. 

Fixed cost atau yang secara umum juga dikenal sebagai biaya tetap sendiri adalah biaya konstan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Artinya biaya tersebut tidak terpengaruh oleh kondisi atau aktivitas tertentu yang dilakukan oleh perusahaan,  seperti jumlah penjualan yang dialami oleh perusahaan.

Itu juga berarti bahwa biarpun perusahaan memiliki penjualan atau tidak atau apakah penjualan yang dialami oleh perusahaan sedang mengalami kenaikan maupun penurunan pun, biaya tetap ini tidak akan terpengaruh.

Dari pengertian fixed cost yang dijelaskan tersebut, meskipun disebut konstan, namun tidak selalu konstan. Maksudnya adalah bahwa memang biaya ini tetap atau konstan dibayarkan namun dengan jumlah yang bisa berubah di masa depan.

Contohnya saja biaya sewa gedung untuk melakukan produksi yang mana harganya bisa berubah sewaktu-waktu dan tetap harus dibayar secara konstan oleh perusahaan. Contoh lainnya adalah pembayaran pajak yang harus tetap dibayarkan oleh perusahaan setiap tahun.

Meskipun lagi-lagi jumlahnya bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan pemerintah sebagai pihak yang mengeluarkan regulasi tentang pajak itu sendiri. 

Nah, itu tadi adalah pengertian fixed cost atau biaya tetap yang merupakan biaya yang konstan atau tetap dibayar oleh perusahaan tanpa terpengaruh oleh aktivitas perusahaan seperti pembayaran pajak misalnya.

Dari segi perusahaan, biaya tetap atau fixed cost ini akan terasa lebih ringan apabila hasil penjualan produk perusahaan sedang bagus dan begitu pula sebaliknya. Namun di sisi lain, karena sudah tetap dan cenderung stabil, perusahaan bisa lebih dulu mengantisipasi dengan cara membuat budgeting agar pengeluaran di perusahaan bisa lebih terkendali. 

Post a Comment for "Pengertian Fixed Cost Lebih Dalam"